Makanan Khas Klaten

Makanan khas Klaten mempunyai cita rasa yang sangat istimewa. Tidak kalah dengan makanan khas dari daerah sebelahnya yakni Kota Yogyakarta.

Kebanyakan makanannya khas dengan makanan ndeso dari Jawa Tengah. Akan tetapi rasanya sangat maknyus dan buat kamu pengen coba lagi.

Ini dia makanan khas Klaten yang harus kamu cicipi:

1. Sego Wiwit

makanan khas klaten sego wiwit

perpus[dot]jatengprov[dot]go[dot]id

Sego Wiwit adalah makanan khas Klaten yang berisi nasi dan aneka macam lauk pauk. Biasanya sego atau nasi wiwit  ini dibuat oleh para petani pada acara sedekah bumi sebagai ucapan rasa syukur setelah panen padi.

Isinya berisi nasi, ayam, urap, ikan asin, dan beberapa sayur dan lauk pauk yang lain. Paling enak disantap secara bersama-sama dan makan pakai tangan.

2. Sego Gudangan

makanan khas klaten sego gudangan

travel.tribunnews[dot]com

Sego gudangan khas Klaten sekilas seperti urap karena terdiri dari nasi, sayur-sayuran dan parutan kelapa.

Namun ternyata sego gudangan beda dengan urap, karena di atasnya ditaburi dengan kedelai goreng yang ditumbuk kasar. Parutan kelapanya pun diberi bumbu bawang putih dan kencur.

Sayurnya terdiri dari daun pepaya, tauge atau kecambah,wortel,kol/kobis, kemangi, dan kacang panjang.

Sebelum disajikan, sayurnya direbus setengah matang jadi lebih segar. Beda dengan urap yang biasanya sayurnya diiris besar dan kasar, sayuran gudangan diiris sangat halus.

3. Sego Tumpang Lethok

makanan khas klaten sego tumpang lethok

pariwisataklaten[dot]id

Nasi atau sego Tumpang Lethok adalah nasi yang diatasnya ada berbagai sayuran seperti daun pepaya, bayam, nangka muda, dan daun jeruk. Di atas sayurannya disiram dengan kuah sambal yang terbuat dari bahan santan, cabai, tempe, dan rempah-rempah.

Untuk menikmati nasi tumpang lethok ini, kamu juga bisa menambah lauk pauk yang tersedia. Kamu bisa pilih telur rebus atau koyor (suwiran daging sapi).

Katanya yang paling terkenal adalah Nasi Tumpang Lethok Mbak Riyanti di Jl. Mayor Kusmanto, Kelurahan Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah. Harganya mulai dari 9 ribu rupiah sampai 15 ribu rupiah untuk nasi tumpang lethok istimewa.

4. Sego Trancam

makanan khas klaten sego trancam

pegipegi[dot]com

Nasi trancam memang seperti nasi/sego gudangan dan nasi/sego urap. Yang membedakannya adalah sayurannya tidak direbus dulu. Semuanya disajikan segar dan mentah.

Bisa dibilang trancam ini seperti saladnya orang Indonesia, lho. Tapi ya namanya orang Indonesia, makannya harus pakai nasi atau bahasa jawanya sego.Lauk pauknya bisanya ada ayam goreng, jeroan ayam, jeroan, sapi, tempe goreng dan tahu goreng.

Nasi trancam paling legendari di Klaten adalah di Rumah Makan Bu Mayar. Disitu terkenal dengan rasa trancam dan ayam gorengnya yang gurih.

5. Bakmi Miroso

Makanan Khas Klaten Bakmi Miroso

kampoengilmu[dot]com

Bakmi Miroso adalah nama sebuah rumah makan chinese food yang legendaris di Klaten. Di sana menyediakan berbagai makanan keturunan cina seperti bakmi pangsit, koloke,dan cap cay.

Rasanya sangat khas karena resepnya sudah turun temurun sampai sekarang. Rasanya asli tidak berubah dari dulu sampai sekarang.

Sayangnya, tempat Bakmi Miroso ini agak susah dicari karena terletak di dalam gang meskipun dekat alun-alun Klaten. Kalau kebingungan kamu bisa langsung tanya warga lokal.

6. Soto Bebek

makanan khas klaten soto bebek

kulineronline[dot]wordpress[dot]com

Soto ayam sudah biasa, tapi soto bebek hanya di Klaten saja yang paling terkenal. Tempat jual soto bebek paling legendaris di Klaten adalah warung makan Bu Siswo yang sudah ada sejak tahun 1953. Alamatnya di Kios Karanglo, Kelurahan Karangdukuh, Kecamatan JOgonalan, Kabupaten Klaten.

Soto bebeknya menggunakan kuah soto bening lalu isinya ada kobis/kol, taoge, irisan seledri, bawang goreng, serta pastinya potongan daging bebek. Rasanya gurih dengan aroma daging bebek yang khas.

Selain soto bebek, di warung makan Bu Siswo juga menyediakan berbagai hidangan bebek seperti bebek bacem goreng dan bebek bakar.

7. Bebek Bacem

makanan khas klaten bebek bacem

cookpad[dot]com

Tidak hanya tempe dan tahu yang bisa dibacem, ternyata bebek juga bisa dibacem. Salah satuwarung makan yang berperan memperkenalkan bebek bacem di Klaten adalah warung makan Ibu Suwarni yang terletak di Jl. Stasiun, Prambanan, Klaten.

Rasa bebek bacem khas Klaten manis, gurih, dan daging bebeknya lembut karena telah direbus selama kurang lebih 5 jam. Lebih mantap lagi makan dengan sambal trasi dan lalapan mentah seperti timun dan kol.

8. Sop Ayam Pecok Pak Min

makanan khas klaten soto bebek

ksmtour[dot]com

Sop ayam pecok Pak Min ini sudah cukup terkenal karena memang cabangnya sudah banyak dibuka di beberapa kota. Alasan kenapa namanya pecok adalah karena daging ayamnya disuwir dan dipotong secara tidak beraturan beserta tulangnya. Katanya cara ini bisa menmabah gurih sotonya.

Banyak sekali yang meniru reseop ayam pecok pak min ini. Tapi pastinya kalau mau yang asli, kamu harus datang langsung ke Klaten untuk menikmati soto pecok pak min yang terkenal gurihnya.

9. Slondok

makanan khas klaten slondok

solongangeni[dot]com

Slondok adalah makanan khas Klaten yang berupa cemilan krupuk. Bentuknya mirip cincin yang terbuat dari olahan singkong. Rasanya renyah dan gurih.

Proses pembuatannya tanpa pengawet apapun tapi bisa bertahan cukup lama karena dalam poses pembutannya harus dijemur dulu.

Cara pembuatan slondok pertama-tama singkong digiling lalu direbus sampai empuk. Setelah matang lalu didinginkan dan dicampur dengan bubu-bumbu. Kemudian dibentuk seperti cincin dan dijemur sampai kering di bawah matahari.

Setelah dijemur kering, slondok bisa digoreng agar teksturnya renyah. Seiring perkembangan zaman, sekarang slondok ditambah beberapa varian rasa seperti rasa jagung manis, pedas, dan barbeque.

10. Geplak

makanan khas klaten geplak

putratravel[dot]net

Makanan manis dan berbentuk bulat dari kelapa yang biasa ditemukan di pusat oleh-oleh khas Klaten, Jogja dan sekitarnya itu namanya Geplak. Warnanya sangat menarik mata ada yang merah, hijau, bahkan kuning.

Geplak sangat cocok dinikmati untuk kamu penggemar mkanan manis karena gula yang ditambahkan pada makanan ini cukup banyak sehingga rasanya sangat manis.

11. Keripik Belut

makanan khas klaten kripik belut

kampoengilmu[dot]com

Belut yang mungkin tidak semua orang suka karena bentuknya yang menggelikan, ternyata bisa diolah oleh warga Klaten menjadi makanan yang enak.

Salah satu makanan khas Klaten yang terbuat dari belut adalah Keripik Belut. Keripik ini jadi favorit karena rasanya unik, gurih, dan renyah. Bisa dimakan untuk cemilan atau lauk.

12. Keripik Cakar

makanan khas klaten kripik cakar

idntimes[dot]com

Siapa sangka cakar atau ceker atau kaki ayam bisa dijadikan keripik. Makanan khas Klaten satu ini sangat unik karena cakar dijadikan keripik setelah tulang dilepas dan dibuang dulu.

Industri keripik cakar di Klaten pun cukup besar dan membantu perekonomian sebagian warga Klaten. Permintaan hari biasa sekitar satu kuintal ceker, dan melunjak menjelang lebaran dua kali lipat, wow!

Jadi kalau lewat Klaten jangan lupa coba kripik cakar khas Klaten ini, bisa untuk oleh-oleh juga lho. Harganya cukup terjangkau sekitar seratus ribu rupiah per kilogram.

13. Kepelan

makanan khas klaten kepelan

jogjaupdate[dot]com

Kepelan merupakan makanan khas Klaten yang menyerupai gorengan. Kepelan terbuat dari tepung terigu dan campuran bumbu seperti bawang putih, bawang merah,merica, garam,air dan sedikit penyedap rasa.

Kemudian dibentuk bulat kecil menyerupai kepalan tangan. Setelah itu langsung digoreng sampai warnanya kuning keemasan.

Kepelan paling enak dimakan saat hangat langsung setelah digoreng, ditambah saos sambal atau saos kacang.

Harganya mulai dari lima ribu rupiah saja. Biasanya kepelan dijual di sepanjang jalan utama Kecamatan Pedan tiap sore atau di sekitar alun-alun Klaten.

Leave a Reply